Foto Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak
Juara III Lomba Pembuatan Dan Performa Protoype Autonomous Semi-Submarine Drone (ASSD) Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak
SEPTIADI BAYU EKA SAMUDERA ISTIYONO

SEPTIADI BAYU EKA SAMUDERA ISTIYONO atau sering dipanggil SEPTIADI berasal dari Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta menjuarai kejuaraan tingkat Nasional dalam bidang Penalaran yaitu Juara III Lomba Pembuatan Dan Performa Protoype Autonomous Semi-Submarine Drone (ASSD) Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak yang di ikuti 125 peserta dari 25 perguruan tinggi yang terdiri dari 1 negara. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Puspresnas dan UPN Veteran Jawa Timur bertempat di UPN Veteran Jawa Timur pada tanggal 15 Agt 2022 s/d 14 Nov 2022 Perkembangan dunia yang semakin menuju automatisasi, digitalisasi dan augmented reality dalam bidang engineering perlu diikuti bahkan jika dapat bangsa Indonesia menjadi leader di masa mendatang dibidang tersebut. Hal ini didukung bonus demografi usia produktif sumber daya manusia di ulang tahun Indonesia emas memerlukan persiapan, pelatihan dan cara berfikir kritis-logis untuk menyongsong kemajuan dimasa datang. Teknologi augmented reality metaverse menjadi topik hangat untuk dikuasi dalam bidang engineering. Dengan teknologi ini desainer dapat menghadirkan dunia maya ke dunia nyata dengan biaya yang relative murah sehingga dapat di wujudkan kedalam dunia nyata. Perusahaan-perusahan kelas dunia telah memulai dan akan memerlukan innovator- inovator baru yang dapat mencetak, mengkreasikan dan mengisi dunia ditigal itu. Sehingga generasi muda perlu menguasai dan mengembangkanya untuk dapat mengikuti dan menjadi leader perkembangan zaman. Mahasiswa perlu mengambil peranan penting dalam hal ini dengan mengusulkan konsep dan pembuatan inovasi teknologi maritime digital dan desain augmented reality yang dapat diaplikasikan untuk mendukung pertahanan dan keamanan. Konsep ini mungkin saja dapat direalisasikan dalam waktu dekat atau jangka menengah mengingatsekarang ini sangat dibutuhkan dan mahasiswa mempunyai masa depan yang panjang. Selain itu teknologi yang diusulkan diharapkan dapat digunakan untuk mendukung cita-cita dan terealisasi kemandirian hankam dimasa datang. Pembuatan inovasi teknologi kemaritiman akan melatih mahasiswa untuk kreative, inovative dan produktive yang akan menjadi pengetahuan dan pengalaman teknis untuk meniti karier selanjutnya. Kerjasama team, pembagian tugas dan komunikasi akan terbentuk menjadi bekal soft skill memajukan diri sendiri, bangsa dan negara. Pembuatan konsep akan menjadi road map pembuatan prototipe dan juga menjadikan road map pembuatan produk sebenarnya sejalan dengan program dikti meningkatkan technopreneur baru yang dapat menciptkan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain disekitarnya. Pelaksanaan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak (KKCTBN) merupakan salah satu agenda penting bidang kemahasiswaan yang diselengarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dalam hal pengembangan inovasi teknologi kemaritiman digital guna ikut andil dalam ide untuk mendukung kemandiran hankam yang sekarang ini sedang menjadi isu utama di negara kita, kegiatan ini akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari bidang-bidang ilmu terkait guna memberikan subangsih pemikiranya dibidang kemandirian hankam dilihat dari prespektif teknologi kemaritiman dan perkapalan. Pada tahun 2022 ini terdapat 3 kategori yang akan diperlombakan yaitu 1) Lomba Desain Augmented Reality Kapal Militer 2) Lomba pembuatan dan performa protoype ASSD, ERC, FERC dan, sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.... Lihat Selengkapnya >>